Beranda Media Provinsi Pembangunan Berkelanjutan Untuk Membuat Dunia Lebih Baik
Provinsi Pembangunan Berkelanjutan Untuk Membuat Dunia Lebih Baik
Gubernur : Tugas utama kita adalah mewariskan mata air bagi anak cucu kita, bukan sebaliknya mewarisi air mata bagi mereka.
Manokwari(23/01/2020),- Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Drs. Nataniel Mandacan mengatakan pada 19 Oktober 2015 Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten atau Kota telah mendeklarasikan dirinya sebagai Provinsi Konservasi.
“Gagasan ini lahir untuk melindungi dan mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan yang menjadi modal dasar pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua Barat,”kata Gubernur Papua Barat sebelum membuka kegiatan Talkshow Interaktif Pembangunan Berkelanjutan antara Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Mitra Pembangunan, di Manokwari, Kamis(23/01/2020).
Berikut lanjutan sambutan tertulis Gubernur Papua Barat yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat:
Gagasan ini (Provinsi Konservasi/Pembangunan Berkelanjutan) merupakan penerapan Undang-Undang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua pada pasal 36 yang mengatakan bahwa pembangunan dilakukan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, kelestarian lingkungan,manfaat dan berkeadilan, serta pasal 38 ayat 2 bahwa usaha-usaha perekonomian dan pemanfaatan sumber daya alam harus menerapkan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.
Telah banyak kemajuan yang kita capai dalam 4 tahun sejak gagasan ini dideklarasikan seperti penegasan Perdasus  Provinsi Papua Barat, pengesahan Perdasus Provinsi Papua Barat sebagai Provinsi Pembangunan Berkelanjutan dan Pelaksanaan Konfrensi Internasional Keanekaragaman Hayati Ekowisata dan Ekonomi Kreatif  2018, Deklarasi Manokwari dan Aspirasi Teminabuan 2019.
Juga komitmen pembangunan rendah karbon dan usulan penetapan kawasan konservasi baru. Dalam perjalanan menuju pembangunan berkelanjutan ini, banyak tantangan yang kita hadapi, misalnya bagaimana menterjemahkan dalam program-program pembangunan dan kegiatan operasional di lapangan. Terutama pada sektor penting seperti kehutanan, kelautan, pertanian, ketahanan pangan, tata ruang dan lainnya.
Untuk hal-hal ini membutuhkan banyak pihak dan koordinasi lintas sektor baik pada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun dukungan para pihak. Stakeholder, Tokoh Adat, Tokoh Agama, pimpinan adat suku masing-masing sehingga kita bisa mampu untuk mewujudkan tercapainya cita-cita pembangunan berkelanjutan di Papua Barat.
Sasaran akhir yaitu bisa menjaga alam ini dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. Karena kita yang ada ini pasti diwariskan alam ini oleh orang tua kita. Tanpa mereka kita tidak bisa melihat hal-hal seperti yang kita lihat hari ini.
Pemerintah Papua Barat sedang menyiapkan rencana strategis percepatan pelaksanaan Provinsi Pembangunan Berkelanjutan melalui arahan sesuai mandat Perdasus Provinsi Pembangunan Berkelanjutan. Kami sangat mengharapkan agar deklarasi Manokwari dapat diadopsi ke dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, RPJM Kementerian dan lembaga dalam mendukung percepatan Pembangunan provinsi berkelanjutan di Papua Barat.
Terkait hal  ini sudah beberapa kali kita melakukan dialog ke pusat dan kita menyampaikan secara terbuka lewat diskusi-diskusi agar di pusat juga bisa mengakomodir apa yang kita perjuangkan dalam rangka melindungi lingkungan hidup di Papua Barat.
Pemda Papua Barat melalui Balitbangda telah memulai dengan upaya koordinasi dari tingkat pusat untuk melaksanakan gagasan-gagasan ini. Namun tentu saja masih membutuhkan diskusi mendalam dan koordinasi lebih lanjut untuk mendapatkan saran dan masukan dari Pemerintah Pusat dan juga dari kita di daerah.
Dalam hal ini Kementerian dan Lembaga terkait yang ada di daerah yang mengetahui tentang perkembangan lingkungan hidup di daerah kita dapat menyiapkan langkah-langkah kongkrit percepatan pelaksanaaan provinsi berkelanjutan.
Saya ingin menggaris bawahi bahwa apa yang kita lakukan saat ini di Papua Barat tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuat dunia ini lebih baik bagi anak cucu kita di masa depan. Karena dalam kitab suci yang kita yakini Tuhan telah memerintahkan kepada kita untuk menjaga, mengelolah dan mempertanggung jawabkan apa yang sudah dilakukan pada akhir hidup masing-masing orang.
Oleh karena itu Pemerintah daerah memohon dukungan semua pihak dalam menjaga alam kita.
Kata kunci dari saya; kita tidak mungkin hidup sehat di planet yang sakit, untuk itu kita harus saling bekerjasama untuk membuat bumi kita lebih baik. Tugas utama kita adalah mewariskan mata air bagi anak cucu kita bukan sebaliknya mewarisi air mata bagi mereka pada masanya. Papua Barat akan menjadi inspirasi dan contoh bagi dunia dan itu dimulai dari kita hari ini.*)
Ditulis oleh : Ab Yomo